Thursday 23 June 2016

Bingung Mau Kuliah Jurusan Apa? Mungkin 4 hal ini bisa kamu pertimbangkan

source : http://www.todaygh.com/

     Waktunya kuliah!! Eitss, tapi nggak segampang itu kita masuk ke dunia perkulihan. Kamu harus benar-benar paham betul tentang minatmu, harapanmu dan tujuan hidupmu, jadi semua yang telah kamu perjuangkan di bangku kuliah tidak sia-sia. Tapi masih banyak juga yang ngasal dalam mengambil sebuah jurusan, entah itu karena bingung, atau karena kemauan orang tua. Yang tahu betul kamu ingin menjadi apa ya cuma dirimu, tapi kalau kamu tidak tau ingin jadi apa ya..sudahlahh, terserah kamu hehehe..

Ada beberapa tips yang bakalan kami bagikan agar kalian para lulusan SMA yang masih unyu-unyu tidak lagi kebingungan dalam memilih jurusan didunia perkuliahan.

1. Kenali Apa Minatmu


source : huffpost.com

     Ini adalah hal yang paling peting karena untuk menghindari putus kuliah ditengah jalan, jadi kamu menjalani kuliah dengan senang hati walaupun banyak tugas menumpuk hehehe..Banyak sekali mereka yang baru menyadari ditengah jalan bahwa apa yang mereka ambil ternyata salah, dan akhirnya mereka tidak melanjutkan kuliah lagi. Sebelum terjadi seperti ini pada kalian yang asal ambil jurusan, lebih baik pahami betul minatmu dimana jadi uang yang dikeluarkan tidak sia-sia.

2. Pahami bakat yang kamu miliki



     Terkadang bakat dan minat tidak sejalan lurus, misalnya kita menyukai matematika tapi kamu juga memiliki bakat dibidang seni, jadi kamu mulai bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang akan kamu jalani selama 4 tahun kedepan. Jika kamu tidak mengetahui dengan betul minatmu, mungkin kamu bisa masuk kuliah sesuai dengan bakat mu. Ini justru sangat menyenangkan, karena bakatmu akan makin terasah, dan makin mengkilap. Sedapp...

3. Hobi



     Kalau minat masih bimbang dan kuliah sesuai bakat mungkin bosan, ingin sesuatu yang baru diluar itu yang masih ada sangkut pautnya dengan hatimu. Kamu bisa memilih jurusan sesuai dengan hobi yang kamu suka. Hobi adalah kegiatan yang akan kita lakukan dengan senang hati walau terkadang letih menghinggapi.

4. Pendapat Orang Tua
source : https://www.advisorkhoj.com

     Kita boleh saja kok mendengar pendapat dari orang tua untuk kebaikan kita. Terkadang orang tua lebih paham dari apa yang kita ketahui, ya walaupun tidak semua orang tua seperti itu, tapi saran dari orang tua kita patut dipertimbangkan. Asal saat kita ada dititik letih dalam kuliah jangan pernah menyalahkan orang tua kita, karena mereka hanya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya atau memberi solusi saja.

Mau kuliah dijurusan manapun, hanya kamu yang tahu, mana yang bakal membuatmu bahagia, membuatmu nyaman dan membuatmu terus semangat, atau kamu justru ingin kerja terlebih dahulu? itu semua kamu yang mempunyai hak untuk memilih jalan mana yang kamu ambil, tapi ingat setiap keputusan yang telah kamu ambil, kamu harus bertanggung jawab akan hal itu.



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Daily Diary Adalah blog yang berisikan konten-konten tentang informasi-informasi seputar kuliner, couple, tips dan masih akan terus dikembangkan, agar minat membaca dan menulis orang indonesia makin bertambah. Email: monyetuban@gmail.com

Total Pageviews