Thursday 8 December 2016

Nggak Banyak Yang Tau, Ini Perbedaan Band Indie Dan Band Label Indonesia

INDIE : INDEPENDENCE


Pengertian Indie
      
        Seperti judul yang sudah gue tulis, indie berarti independence = kebebasan/kemerdekaan. Dalam hal ini tentu saja yang dimaksud dalam kebebasan adalah kebebasan dalam bermusik dan berkarya. Jadi musik yang mereka usung adalah musik yang sesuai dengan apa yang mereka sukai, tanpa campur tangan dari pihak-pihak lain selain dari band itu sendiri. Tapi tidak segampang membalikan telapak tangan, band indie butuh perjuangan yang cukup memakan waktu saat diawal karir mereka bahkan biaya untuk memproduksi musik mereka, band indie cenderung memiliki dana yang terbatas, jadi mereka biasanya sangat - sangat memutar otak untuk mengeluarkan budget tertentu untuk keberlangsungan band mereka. Bukan berarti pelit atau tidak mau mengeluarkan biaya, tapi lebih ke apa yang mereka dapatkan apabila mengeluarkan uang sekian juta atau sekian ratus ribu, untuk awal-awal sih pasti lebih cenderung belum bisa menguntungkan band itu sendiri, nah disini lah tantangan dimulai apakah band ini akan terus maju atau bahkan menyerah?

Perbedaan Indie Dan Band Label 

      Yang jadi pembeda band indie dan band mainstream (band label) adalah sudah pasti band indie membiayai produksinya sendiri dari proses pembuatan lagu (recording) tak ayal biasanya band indie memiliki studio recording sendiri, ya.. walaupun kecil-kecilan dan ini sangat bisa memangkas budget oprasional dalam recording. Selain recording, mereka juga membuat packaging album dan bahkan sampai promosi dengan biaya sendiri. Diawal karir emang tak mudah banyak masyarakat tahu band mereka, tapi kepuasan hati dan kepuasan musik mereka lebih murni dan membuat mereka lebih puas. Sedangkan band label (band mainstream) mereka sudah pasti diatur oleh label yang mereka naungi disana, mereka harus ikuti perjanjian-perjanjian yang label buat, bahkan biasanya musik merekapun juga diatur. Tapi band ini lebih mudah dalam promosi karena label sudah menyiapkan team khusus untuk membantu memasarkan produk mereka, jadi musik mereka dengan mudah dikenal orang, bukan berarti band label nggak akan hilang dari peredaran, banyak dari band-band label indonesia, cuma 1 album habis itu hilang entah kemana, tanpa ada kabar lagi.


        Klo kata temen (Fachri 'Phobia') gue yang berkiprah di musik per-Indie-an, Intinya adalah band indie ibarat kita memiliki usaha sendiri, ya kita bebas mau ngapain aja sesuai yang kita mau, dari segi waktu juga lebih bebas, bahkan musik juga jauh lebih luas. Sedangkan band label itu ibarat peternakan, kalau kata alusnya orang bilang kayak kerja kantoran, pressure tinggi karena mereka memiliki perjanjian dengan pihak label, musik yang mereka usung lebih cenderung mengikuti pasar, dan yang membuat band label ini kurang berkembang. Tapi band label namanya jauh lebih cepat booming dibandingkan band indie. Baik band indie maupun band label, semua sama-sama butuh jam terbang dan pengalaman yag banyak, semakin tinggi jam terbang, penghasilan kan mengikuti. 

Beberapa band ini lebih memilih jalur indie ketimbang label

1. Endank Soekamti

Source : soekamti.com
2. Killing Me Inside



 
Source : http://www.lagugalau.net/wp-content/uploads/2015/10/Killing-Me-Inside.jpg
3. Mocca
Source : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmzLlLCeLqlowk6QjB50gG9yyUG_R6FIfHRlNCE9eJehxub7wbIU-dUEYsm8qnWdoM90p9WgaFxf42A2A2CVlFQvXU3IuTD43vveZB0SP_Eqam7ONJ9pRfMAyYM6rrRBRbxyG80RGv2z5M/s1600/mocca.jpg

4. Payung Teduh

Source : http://www.lorongmusik.com/2013/03/biography-payung-teduh.html

5. Phobia

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Daily Diary Adalah blog yang berisikan konten-konten tentang informasi-informasi seputar kuliner, couple, tips dan masih akan terus dikembangkan, agar minat membaca dan menulis orang indonesia makin bertambah. Email: monyetuban@gmail.com

Total Pageviews