Friday 6 May 2016

Setiap Game Memiliki Rating Yang Berbeda, Jadi Kalian Harus Tau Istilah Kode Rating Ini!



Ada soal isu yang katanya pemerintah akan memblokir beberapa game-game online di negara kita ini guys, menurut kalian gimana? Apakah memang harus game-game yang mengandung kekerasan itu diblokir? Kalau menurut gue pribadi sih, pemerintah terlalu frontal atau membabi buta masalah ini soal pemblokiran ini. Tujuannya memang benar menghindarkan anak-anak dari tontonan kekerasan, ditakutkan anak-anak yang menonton atau yang bermain game itu bisa mengikuti apa yang telah dia tonton dan dia mainkan. Tapi klo gue pribadi pemblokiran bukan solusi yang tepat. Padahal setau gue, setiap game itu sudah ada RATING-nya masing-masing. Jadi apabila ada anak kecil yang bermain game GRAND THEFT AUTO (GTA) dan si anak ini meniru adegan yang ada digame tersebut, yang disalahkan siapa? Apakah salah dari game itu? Padahal jelas-jelas di GTA sudah terpampang rating yang cukup jelas yaitu M (Mature 17+) atau kalau di indonesiakan Dewasa 17 tahun keatas. Jadi kali ini gue akan memberikan informasi tentang macam – macam RATING dalam game.

1. Early Childhood (EC)

 

Game ini diperuntukan untuk anak kecil, jadi pastinya aman untuk dimainkan oleh anak-anak. Sudah pasti dgame yang ber-RATING ini tidak ada unsur kekerasan, jadi para orang tua tidak perlu takut anaknya tiba-tiba menjadi bringas setelah memainkan game ini.

2. Everyone (E)

  
Apabila ada game yang bertuliskan rating 'E' (Everyone) berarti game tersebut boleh dimainkan siapa saja minimal 6 tahun keatas. Game dengan rating ini, biasanya memiliki unsur fantasi, kekerasan ringan dan kartun. Semuanya masih dalam taraf wajar, biasanya rating 'E' ini terdapat di game olahraga salah satunya adalah FIFA

3. Everyone 10+ (E10+)

   
Game ini untuk semua orang, atau untuk anak-anak minimal berusia 10 tahun keatas. Hampir sama dengan rating Everyone, di rating ini juga mengandung sedikit sekali kekerasan, kata-kata kasar, pokoknya masih dalam taraf yang tidak terlalu berat.

4. Teen (T)

 

Teen atau Remaja, game ini mulai mengandung kekerasan, kata-kata kasar dan darah yang keluar tapi tidak terlalu sering. Game ini bisa bisa dimainkan oleh remaja yang memasuki usia 13 tahun keatas. Rating T biasanya kita temukan di game-game fantasi / RPG salah satunya Final Fantasi.

5. Mature (M)

  

Rating ini sudah memasuki game-game yang berbau kekerasan, darah dimana-mana, vulgar dan bahasa kasar. Otomatis game ini tidak diperuntukan untuk anak-anak berusia 17  tahun kebawah. Game dengan Rating ini salah satunya yang paling kita kenal adalah GTA (Grand Theft Auto)

6. Adult Only (AO)

 

Khusus dewasa,  game ini mengandung game yang berisikan kekerasan secara terus menerus, mutilasi,  pornografi, darah dan perkataan kasar. Lebih baik game ini dimainkan oleh orang-orang yang telah berumur 18 tahun keatas. Salah satu game yang memiliki rating Adult Only adalah Manhunt 2.

Game memang bertujuan untuk hiburan belaka, tapi tidak semua hiburan diperuntukan untuk semua umur. Sama halnya dengan kita menonton film, film juga untuk hiburan, melepas penat, mengembalikan mood, tapi film juga memiliki rating untuk setiap genre-nya. Oleh karena itu film dan game diberi RATING agar yang ingin menikmati tidak salah bermain game atau salah tontonan. Jadi seharusnya para penikmat game atau para orang tua paham akan hal ini.

1 comment:

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Daily Diary Adalah blog yang berisikan konten-konten tentang informasi-informasi seputar kuliner, couple, tips dan masih akan terus dikembangkan, agar minat membaca dan menulis orang indonesia makin bertambah. Email: monyetuban@gmail.com

Total Pageviews